Cantiknya Menikah dengan Pakaian Adat

undefined
Nikah adaT Sunda. Foto dari google

Temenku pernah bilang, kalau orang menikah memakai pakaian adat asal daerahnya sendiri, aura kecantikannya akan keluar. Kalau istilah jawanya, manglingi kali ya. Bikin orang pangling, saking cantiknya.

1327406051265079215

Pakaian Nikah Adat Minang

Dia lalu mencontohkan dirinya sendiri, dengan memperlihatkan foto pernikahannya. Pas pake pakaian adat sunda, sesuai dengan asli sukunya, pancaran wajahnya emang anggun dan cantik sekali. Terus pas dipakein baju adat suaminya, memang kelihatan kalau rada ‘kurang’ pas.

Kenapa bisa aura kecantikan itu keluar? Karena dengan memakai pakaian adatnya sendiri, manusia seolah kembali ke akarnya. Akar yang terpintal dari orangtua, nenek, eyang, buyut, hingga generasi ratusan bahkan ribuan tahun sebelumnya.

Akar itu memaknai kehidupan secara dalam, dan memberikan dasar filosofi yang tanpa sadar terekam di gen kemanusiaan kita, termasuk didalam pembentukan fisik kita. Gen ribuan tahun, blue chip, yang menjadikan kita sebagai manusia kini.

Filosofi itu termaknai dari kain yang dipakai, kebaya/baju bodo/baju kurung dll yang dikenakan, ataupun aksesori yang menghiasi kepala.

Mulai dari motif, warna, model, semuanya memiliki makna yang mendalam. Makna harapan kelanggengan, keceriaan dan kebahagiaan yang bagaikan hipnotis (sakti), semoga emang terjadi. Bagiku, makna filosofi itu emang bernuansa mistis.

Di Indonesia, ragam atau jenis pakaian adat pernikahan merupakan yang terkaya di dunia. Bayangin aja, bahkan satu suku, misalnya minang aja nih, setiap daerah kabupaten bisa jadi punya pakaian khas pernikahannya sendiri. Aku pernah liat di taman mini, di setiap rumah adat itu juga ditampilin pakaian pengantin setiap kabupatennya. Gitu juga batak, melayu (riau), jawa tengah, timur, dan seterusnya.

1327405535569039811

Pakaian Nikah Adat Jawa

Tradisi pernikahan dengan memakai pakaian adat ini, untungnya gak terkikis dengan globalisasi. Maksudku, gak kaya’ dibeberapa belahan negara lain, pakaian adat ini rada tersingkir.

Misalnya di China, orang tergila gila nikah pake pakaian ala barat. Begitu juga negara jepang, korsel dan lainnya. Kecuali India yang memang masih mempertahankan pakaian adatnya, dinegara manapun pernikahan itu dilaksanakan.

Dan di Indonesia, harapannya, semoga makin banyak orang menikah yang pake pakaian adat. Apalagi, nuansanya emang beda.

Setiap perayaan pernikahan dengan tradisi ini, selalu terlihat agung, anggun, dan syahdu. Ada juga kemeriahannya. Ya, kapan lagi kita melanggengkan tradisi dan adat istiadat, kecuali di pesta pernikahan . .🙂

source . . : http://sosbud.kompasiana.com/2012/01/19/cantiknya-menikah-dengan-pakaian-adat/

One response to “Cantiknya Menikah dengan Pakaian Adat

  1. Ping-balik: Baju For Sale | Pakaian Adat Bali

BALAS

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s